Perkenalan

Berukuran mini bukan berarti minim kemampuannya. Anda salah besar jika menyepelekan handphone keluaran Sony Ericsson yang satu ini, walaupun ukurannya hanya setengah dari Sony Ercisson X10, namun X10 mini punya fitur yang tidak kalah lengkap dengan kakaknya. Walaupun masih menggunakan OS Android 1.6 namun tampilan X10 Mini terlihat bagus dengan adanya tampilan Timescape milik X10 yang juga sudah dibenamkan pada X10 Mini. Dibawah ini adalah spesifikasi resmi Sony Ericsson XPERIA X10 Mini.

 


 
Spesifikasi resmi :
-Jaringan Quad Band GSM 850/900/1800/1900 MHz
-GPRS/EDGE kelas 10
-3G dengan dukungan HSUPA/HSDPA 900/2100 Mhz
-Kamera beresolusi 5 MP dilengkapi dengan fitur autofokus dan lampu flash LED
-Layar sentuh kapsitif berukuran 2.55 inci beresolusi QVGA dengan kedalaman 16 juta warna
-Prosesor Qualcomm MSM7227 600 MHz
-Perekaman video beresolusi VGA
-Bluetooth versi 2.1 dengan dukungan A2DP dan Wi-Fi 802.11 b/g
-GPS dan kompas digital
-Akselerometer
-Port microUSB

-Radio FM
-Slot hot-swap microSD
-Jack audio standar 3.5mm
-Desain stylish

Kelebihan :

-Speaker dengan suara berkualitas
-UI dengan Timescape
-Desain stylish
-Banyak aplikasi gratisnya
-Bentuk kecil & Kompak serta praktis mudah dimasukkan di saku
-Ponsel Android terkecil di dunia
-Kamera beresolusi cukup baik
-Layar yang cukup responsive
-Performa HP yang cukup baik
Kelemahan :

-Batery tidak dapat diganti secara langsung (menyatu dengan body handphone)
-Melakukan pengetikan pada layar terasa susah karena layar berukuran kecil
-Masih menggunakan Android 1.6
-Layar ukuran kecil, cukup sulit melihat saat browsing atau membaca

 


 
Untuk anda yang sedang mencari handphone pintar berdesain stylish, tampaknya anda harus membeli Sony Ericsson XPERIA X10 Mini yang saat ini dibanderol dengan harga Rp.3.300.000. Bukalah halaman selanjutnya untuk mengetahui fitur yang terdapat didalam Sony Ericsson XPERIA X10 Mini lebih detil.

Aksesoris Minim

Ukuran kotak penjualan X10 Mini sama besarnya dengan ukuran kotak penjualan X10, namun aksesoris yang terdapat didalamnya tidak selengkap milik X10. Didalam kotak penjualan terdapat aksesoris seperti charger, kabel data microUSB, cover batery (gratis 1 buah cover batery), headset standar 3.5mm, buku panduan manual penggunaan handphone serta kartu garansi.
Didalam kotak penjualan sudah terdapat microSD sebesar 2GB. Tidak terdapat sarung kulit, anti-gores, dan kaki penahan seperti pada kotak penjualan X10.


Ukuran Bukan Segalanya

Sony Ericsson XPERIA X10 Mini hadir dengan dimensi 83 x 50 x 16 mm dan berat hanya sebesar 88 gram. Walaupun X10 Mini adalah handphone Android berukuran terkecil didunia saat ini, namun kemampuannya sama dengan handphone Android lainnya.


Minim, Namun Tetap Stylish

Stylish, elegan, cerdas.. adalah ketiga kata yang dapat menggambarkan sebuah keindahan  X10 Mini. Ukuran bagi X10 Mini bukanlah segalanya, handphone ini tetap memiliki karisma tersendiri walaupun beberapa orang terkadang meragukan kemampuannya karena ukuran fisiknya yang minim. X10 Mini saat ini dikeluarkan dalam beberapa pilihan warna, namun untuk pasaran Indonesia kami mendapati bahwa baru warna hitam dan putih saja yang tersedia.

 


 
Pada bagian atas layar terdapat lampu indikator yang terbuat dari LED, sebuah lubang suara, dan logo Sony Ericsson

 


 
X10 Mini menggunakan layar sentuh kapasitif berukuran 2.55 inci beresolusi QVGA (240 x 320 pixel) dengan kedalaman 16 juta warna. Resolusi layar yang kecil membuat tampilan handphone ini menjadi kurang maksimal namun tetap terlihat baik saat digunakan dibawah sinar matahari.

 


 
Dibawah layar terdapat logo XPERIA dan tiga buah tombol penggunaan handphone seperti tombol pengganti widget, tombol menu, dan tombol back.

 


 
Pada sisi kiri handphone tidak terdapat port atau tombol apapun.

 


 
Pada bagian bawah handphone terdapat lubang mikrofone, port microUSB yang berfungsi ganda sebagai port USB dan port charger, selain itu pada bagian bawah handphone juga terdapat lubang jack audio standar 3.5mm.

 


 
Pada sisi kanan handphone terdapat tombol volume dan tombol shutter kamera.

 


 
Pada bagian belakang terdapat kamera 5 megapixel yang dapat menghasilkan foto beresolusi maksimal 2560Ñ…1920 pixel. Selain itu pada bagian belakang juga terdapat lampu flash LED, lubang speaker, dan logo Sony Ericsson.

 


 

Tampilan Antar-Muka X10 Mini

Sama seperti X10, X10 Mini pun masih menggunakan OS Android 1.6 yang mana belum mendukung pin and zoom seperti pada layar Motorola Milestone. Layar X10 Mini terasa sensitif yang mana memudahkan kami ketika melakukan scroll kinetik. X10 Mini menggunakan layar kapasitif yang mana layar hanya bekerja dengan sentuhan jari saja. Dikeempat sudut home screen terdapat 4 buah akses pintas menuju menu favorit anda yang mana tidak terdapat pada X10.

 


 
Pada layar home screen terdapat tampilan ikon widget yang dapat anda kustomisasi sesuai dengan keinginan anda. Widget berfungsi sebagai akses pintas ke menu favorit anda dan sebagai pemberi informasi notifikasi. Contohnya seperti widget Facebook yang dapat menampilkan perubahan status update teman-teman anda.

 


 
Menu hadir dengan susunan ikon berbentuk 3 x 3. Tampilan grafik ikon menu milik X10 Mini terlihat seperti tampilan grafik menu X10.

 


 


Hanya Timescape

Jika pada X10 terdapat tampilan Timescape dan Mediascape, pada X10 Mini hanya terdapat tampilan timescape saja. Layar timescape pada X10 Mini dapat menampilkan perubahan status jaringan sosial Facebok dan Twitter serta dapat menampilkan pesan dan panggilan gagal terakhir yang anda terima.

 


 


Phonebook  Tak Berbatas

X10 Mini dilengkapi dengan phonebook tak berbatas, memory phonebook habis jika anda telah menggunakan seluruh memory internal handphone. Sebagai handphone pintar dengan OS Android buatan Google, phonebook X10 Mini akan secara otomatis melakukan sinkronasi kontak dengan kontak yang terdapat pada email Gmail milik anda, dengan catatan jika anda menggunakan Gmail pada X10 Mini.

 


 
Detil kontak X10 Mini sangat lengkap, mulai dari alamat email, foto personal, nada dering personal, alamat IM, notes, dll.

 


 

Keterbatasan Untuk Menginput Teks

Untuk menginput teks pada X10 Mini anda dapat menginputnya menggunakan keyboard alfanumerik virtual. Tidak terdapat keyboard QWERTY virtual pada X10 Mini ini dikarenakan ukuran layar yang kecil yang mana jika terdapat tombol virtual keyboard QWERTY akan semakin memperkecil ukuran keyboard QWERTY virtual pada layar X10 Mini.

 


 
Masalah input teks yang kurang leluasa karena keterbatasan ukuran layar akan menjadi masalah saat akan mengetik teks secara cepat, apalagi untuk melakukan fungsi copy paste ini tergolong sulit.

 


 

 


 


Pemutar Musik dan Kualitas Audio

Pemutar musik milik X10 Mini dapat memainkan lagu berformat MP3, AAC, WMA, dan WAV saat kami ujicoba. Saat lagu dimainkan, akan terdapat tampilan album art pada pemutar musik milik X10 Mini. Diatas album art terdapat tombol virtual untuk melihat info dari lagu yang sedang anda mainkan.

 


 
Saat anda memasukan lagu kedalam X10 Mini baik menggunakan kabel data atau microSD, lagu akan secara otomatis terdeteksi secara otomatis dan akan dikelompokan berdasarkan abjad, lagu terbaru yang baru dimasukan, dan lagu yang paling sering anda mainkan.

 


 
Walaupun berukuran kecil dan tidak dilengkapi dengan pilihan EQ, suara yang keluar dari speaker yang terletak pada bagian belakang X10 Mini terdengar kencang dan berkualitas. Suara speaker X10 Mini terdengar lebih kencang dari suara speaker milik X10. Namun walau suara speaker terdengar kencang, kualitas suara tetap bagus dan kami memberikan rating bintang 5 untuk kualitas audio X10 Mini.
Memutar Video

Jika anda memutar video, maka pemutar video milik X10 Mini akan secara otomatis memposisikan layar pada mode landscape dengan tampilan layar penuh. Walaupun layar tampil pada mode landscape, layar tetap terasa kecil dan kurang leluasa untuk menonton video pada layar X10 Mini. Pemutar video milik X10 Mini dapat memainkan video dengan format MP4, H.263, H.264, dan WMV saat kami ujicoba.

 


 

Kamera Beresolusi 5 Megapixel

Jika XPERIA X10 dilengkapi dengan kamera beresolusi 8.1 megapixel, X10 Mini hanya dilengkapi dengan kamera beresolusi 5 megapixel yang dapat menghasilkan foto beresolusi maksimal 2560 Ñ… 1920 pixel. Kamera X10 Mini sudah dilengkapi dengan autofokus dan lampu flash LED yang dapat menerangi objek dengan cukup baik pada jangkauan 1 meter dari kamera saat kami memotret dimalam hari. Hasil foto terlihat bagus namun terlihat adanya noise saat kami memotret didalam ruangan pada kondisi cahaya kurang baik tanpa menggunakan lampu flash LED.

 

Sony Ericsson XPERIA X10 Mini Review Gallery

 
Pengaturan kamera X10 Mini tidak sebanyak pengaturan kamera milik X10. Hanya terdapat pengaturan shoot mode seperti auto, makro, sport, dan twilight pada kamera.

 


 
Setelah melakukan pemotretan anda dapat langsung berbagi hasil foto ke teman-teman anda menggunakan Facebook, email, bluetooth, dll dengan sangat mudah hanya dengan satu sentuhan tombol saja.


Perekam Video Beresolusi VGA

Perekam video milik X10 Mini dapat merekam video beresolusi VGA (640 x 480 pixel). Hasil rekaman video disimpan dalam format 3GP, hasil rekaman video dapat anda lihat dibawah ini.


Galeri

Galeri dapat anda akses dari album pada menu. Galeri foto dan galeri video terletak menjadi satu galeri. Foto dapat anda lihat dengan tampilan layar penuh dengan mode landscape ataupun portrait. Untuk melihat foto sebelumnya atau foto selanjutnya anda tinggal menggeser foto menggunakan sentuhan lembut jari anda ke arah kiri atau kanan. Untuk melakukan zoom-in/zoom-out anda dapat mengetuk layar sebanyak dua kali secara cepat

 


 
Sama seperti foto, video juga dapat anda lihat dengan tampilan layar penuh dengan mode landscape. Untuk berbagi foto, anda dapat menggunakan media seperti email, Facebook, Gmail, MMS, dan Picasa dengan hanya sekali tekan tombol.

 


 

 


 

Konektivitas Lengkap

Sony Ericsson XPERIA X10 Mini berjalan pada jaringan GSM quad band 850 / 900 / 1800 / 1900 dan HSDPA 900 / 2100. Untuk melakukan panggilan data terdapat jaringan GPRS/EDGE kelas 10 dan HSDPA.

 


 
X10 Mini sudah dilengkapi dengan konektivitas lokal seperti Bluetooth versi 2.1 dengan dukungan A2DP serta Wi-Fi. Sayangnya Bluetooth tidak dapat digunakan untuk mengirimkan file ke handphone lain, anda hanya dapat mengirimkan file via jaringan sosial, piccassa ataupun via email. Untuk menghubungkan X10 Mini dengan satelite, terdapat GPS dengan dukungan A-GPS yang berfungsi untuk mempercepat pelacakan posisi. Untuk memindahkan data ke PC atau sebaliknya anda dapat menggunakan kabel data microUSB dan card reader.


Browser, Masih Belum Terdapat Dukungan Flash

X10 Mini masih menggunakan OS Android 1.6, jadi wajar saja bila tidak terdapat dukungan flash pada browser. Untuk melakukan browsing, hanya terdapat browser bawaan saja, untuk menggunakan browser lainnya seperti Opera Mini misalnya, anda dapat mendownloadnya secara gratis pada Android Market.

 


 
Browser X10 Mini dapat digunakan untuk membuka halaman web sampai dengan 8 halaman secara bersamaan sama seperti handphone pintar Android lainnya. Untuk melakukan zoom-in/out anda dapat menggunakan tombol virtual yang terdapat pada bagian kanan bawah layar. Karena tidak terdapat flash anda tidak dapat menonton video YouTube menggunakan browser, namun anda tetap dapat menonton video YouTube menggunakan aplikasi YouTube yang sudah terdapat pada X10 Mini.
Jaringan Sosial Terintegrasi

Sama seperti XPERIA X10, X10 Mini juga sudah dilengkapi dengan aplikasi jaringan sosial yang terintegrasi didalamnya seperti Facebook dan Twitter. Kedua aplikasi jaringan sosial yang sudah terintegrasi didalam X10 Mini sudah dilengkapi dengan widget notifikasi yang dapat anda lihat pada layar home screen dan layar Timescape.

 


 

 


 

 


 
Aplikasi Facebook dapat digunakan untuk mengupload foto sama seperti aplikasi Facebook milik BlackBerry. Selain itu anda juga dapat notifikasi terbaru, foto-foto anda, news feed, serta friends pada aplikasi ini.

 

Fitur Pesan Komplit

X10 Mini dapat mengirimkan pesan seperti SMS, MMS, IM, dan Push email. SMS dan MMS tergabung menjadi satu editor bersama. Tidak terdapat folder pemisah antara kotak masuk, folder penyimpan pesan terkirim, serta draft pada fitur pesan milik X10 Mini. Tampilan SMS milik X10 Mini terlihat seperti tampilan IM (chat).

 


 
Untuk IM, standarnya hanya terdapat IM Gtalk saja. Untuk menggunakan IM lainnya seperti YM, MSN, dll, anda dapat mendownloadnya pada Android Market secara gratis.

 


 

 


 

 


 
Untuk Push Email anda hanya dapat menggunakan Gmail saja pada X10 Mini. Untuk menggunakan akun email lainnya bisa namun hanya email biasa dan bukan push email.
GPS Dengan Dukungan A-GPS

Terdapat dua map navigasi pada X10 Mini, yaitu Wisepilot serta Google Maps. Keduanya memiliki keunggulan masing-masing, tampilan Wisepilot jelas lebih bagus secara grafik namun agak susah menggunakannya.

 


 
Jika anda kesulitan menggunakan software navigasi Wisepilot anda dapat menggunakan Google maps dengan tampilan yang sederhana namun tidak kalah lengkapi dengan Wisepilot. Terdapat fitur-fitur seperti sharing location, street view, dan info trafik, selain itu terdapat dua tampilan peta satelite dan map pada Google maps. Anda dapat menggunakan kompas digital pada Google Maps yang berguna untuk memandu jalan anda.

 


 

Game

Hanya terdapat dua game bawaan pada X10 Mini, yaitu game Edge dan Peggle. Jika anda bosan dengan kedua game ini, anda tinggal mendownload game lainnya yang banyak tersedia di Android Market.

 


 

 


 


Aplikasi Bawaan

Browser bawaan milik X10 Mini belum mendukung flash sehingga anda harus menggunakan aplikasi YouTube yang berguna untuk menonton video YouTube.

 


 
TrackID, fungsinya untuk mengetahui informasi tentang lagu yang kita inginkan. Caranya anda dapat merekam cupilkan lagu yang ingin anda ketahui informasinya dan mengirimkannya menggunakan aplikasi ini. Sebagai informasi, aplikasi ini membutuhkan jaringan internet untuk menggunakannya.

 


 
Yang terakhir, terdapat Neo Reader yang dapat anda gunakan untuk terhubung dengan sumber informasi, caranya dengan melakukan scanning barcode menggunakan kamera handphone.

 


 

 


 


Organizer

Pertama, terdapat kalendar yang dapat anda isikan event serta reminder.

 


 
Kedua, terdapat alarm untuk membangunkan anda dari tidur anda.

 


 
Ketiga, terdapat notes untuk menuliskan hal penting.

 


 
Keempat, terdapat timer, fungsinya seperti penghitung waktu mundur.

 


 
Keempat, terdapat stopwatch untuk menghitung waktu.

 


 
Kelima, terdapat kalkulator.

 


 

Aplikasi Wajib Download Pada Android Market

Setiap handphone pintar Android pasti sudah dilengkapi dengan Android Market didalamnya, gunanya untuk mendownload aplikasi terbaru yang anda inginkan. Terdapat lebih daro 50.000 aplikasi didalam Android Market dan banyak sekali aplikasi gratis didalamnya. Kami akan membeberkan aplikasi gratis yang wajib anda download di Android Market.

 


 
Pertama, anda harus mendownload Enjoy World Cup. Aplikasi ini berguna untuk mengetahui jadwal pertandingan, hasil skor pertandingan, dan informasi seputar piala dunia 2010. Oh, iyah tidak lupa pada aplikasi ini terdapat forum untuk melayangkan seputar pertanyaan piala dunia 2010.

 


 

 


 

 


 
Kedua, Opera Mini Browser Versi 5. Tampilan browser buatan Opera ini memang tidak berbeda jauh dengan tampilan browser bawaan, hanya saja keunggulannya anda dapat melakukan zoom-in/out dengan cara mengetuk layar sebanyak dua kali secara cepat, dapat menampilkan halaman web lebih cepat, terdapat fitur find on page untuk mencari teks yang kita cari pada halaman web, dan dapat menyimpan halaman web.

 


 

 


 
Ketiga, anda harus mendownload Document To Go. Perlu anda ketahui karena ini adalah aplikasi gratisan, jadi fungsinya cukup terbatas. Anda dapat membuka dokumen berekstensi .doc dan .xls saja. Anda tidak dapat membuat atau mengedit dokumen sebelum membayar lisensi.

 


 

 


 
Keempat, anda harus mendownload Android PDF. Ini berguna sebagai pembaca file PDF pada X10 Mini. Ini benar-benar berguna jika anda seorang pebisnis.

 


 
Kelima, anda harus mendownload Advanced Task Killer untuk melihat dan menutup aplikasi yang sedang terbuka pada X10 Mini anda dengan hanya satu sentuhan jari.

 


 
Keenam, anda harus mendownload Astro yang fungsinya sebagai file manajer pada X10 Mini. Astro dapat memanajemen folder dan file yang terdapat pada X10 Mini dengan baik dan tersusun rapi.

 


 
Ketujuh, anda harus mendownload Solo Lite. Dengan aplikasi yang satu ini, anda tidak perlu lagi membawa gitar kemanapun anda pergi. Yup, aplikasi ini memungkinkan anda untuk memainkan gitar secara real pada X10 Mini. Karena aplikasi ini gratis, banyak fitur yang tidak dapat digunakan, namun overall kami cukup menikmatinya.

 


 
Terakhir, anda harus mendownload aplikasi chating Ebuddy, karena belum semua aplikasi IM resmi tersedia untuk Android. Jadi sementara menunggu aplikasi IM resmi anda dapat menggunakan Ebuddy untuk chating. Aplikasi Ebuddy memungkinkan anda untuk chating menggunakan akun IM seperti Gtalk, YM, MSN, FB, My Space, dll. Jika anda keluar dari aplikasi anda akan tetap mendapatkan notifikasi suara jika terdapat chat masuk.

 


 

Daya Tahan Batery

Sony Ericsson melengkapi XPERIA X10 Mini menggunakan batery bertipe Lithium Polymer (Li-Po) yang sanggup bertahan hingga 285 jam dalam kedaan siaga dan 4 jam untuk bicara pada jaringan GSM/GPRS/EDGE 850/900/1800/1900 dan 360 jam dalam kedaan standby dan 3 jam 30 menit untuk bicara pada jaringan UMTS/HSPA 900/2100.


Kata Penutup

Kecil-kecil cabe rawit, itulah kata yang pantas disandang oleh Sony Ericsson XPERIA X10 Mini yang memiliki kekampuan setara kakaknya. Jika anda ingin handphone pintar berbasis Android berukuran mungil anda harus membeli handphone ini namun anda juga harus menerima konsekuensi yang menjadi kelemahan handphone ini seperti layar berukuran kecil.

 


 

Catatan Penulis : Banyak tema tidak dapat diterapkan karena ukuran resolusi layar yang tidak kompatibel saat ujicoba, namun untuk aplikasi tidak terlalu berpengaruh dan banyak aplikasi yang dapat diinstal pada X10 Mini seperti pada ujicoba download aplikasi yang kami lakukan.

About truestoryeka

eka true story adalah operator warnet Cyber Flash Net

One response »

  1. Pulsa Online mengatakan:

    bagus, tp sayang terlalu kecil, mungkin pengguna wanita lebih cocok menggunakan ini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s