Tentunya kita ingin mendapatkan kualitas foto yang baik disetiap kesempatan, tapi gak kebayang kan kalau kita harus menenteng kamera DSLR juga setiap saat. Salah satu solusinya adalah memiliki gadget dengan kemampuan kamera yang mumpuni. Bisa dengan kamera saku atau yang lebih ringkas lagi dengan hand phone (hp) yang memiliki kualitas kamera yang baik. Berikut ada beberapa hp berkamera yang memiliki kualitas kamera yang baik yang dapat anda pilih menurut versi saya.

1. Sony Ericsson Xperia Arc S

    Penerus versi Xperia Arc ini menggunakan sensor Exmor R yang dipercaya dapat menghasilkan tingkat noise yang rendah. Jadi anda bisa bebas mencetak hasil foto anda sampai ukuran yang cukup besar dan bisa dipajang di rumah anda. Ada beberapa fitur dari kamera saku Sony yang sudah dibenamkan di HP ini, seperti Scene Recognition, Smile Detection dan Sweep Panorama.
   Berbasis Android OS Gingerbread, 8 Megapixel, LED flash, geotagging, image stabilization dan kemampuan auto focus sudah merupakan standar yang baik untuk sebuah HP berkamera. Bentuknya yang sangat tipis membuat tombol shutter tidak begitu nyaman ditekan. Layar berukuran 4.2″ cukup luas buat melihat review dari kamera walaupun viewing angle tidak begitu baik.
   Kemampuan merekam video sudah setara dengan kualitas HD dengan 720p dan 30 fps. Setingan merekam juga sama dengan seting yang digunakan pada kamera standarnya. Detail yang dihasilkan sudah bisa menyaingi beberapa HP kamera lain yang berbasis android seperti samsung atau HTC. Kelebihan lain dari Arc S ini adalah harganya yang jauh dibawah pesaingnya. Di Indonesia dipasarkan sekitar Rp. 3.7 juta
Contoh hasil panorama pada Xperia Arc S

2. Apple I Phone 4S

  Bila bicara tentang hp multimedia, kita memang tidak bisa lepas dari produk ber-merk buah ini. Dengan iOS 5 nya, kemampuan kamera dari I Phone 4S ini semakin meningkat dari versi-versi terdahulunya. Sensor kamera yang digunakan ternyata masih diproduksi oleh Sony. Walaupun berbeda jenis sensor yang digunakan pada produk Sony, saya agak bingung kenapa Sony mau memberikan produk untuk pesaingnya yah?. Salah satu kelebihan sensor ini bisa menghasilkan White Balance yang lebih akurat.
   I Phone 4S ini juga memiliki kecepatan yang baik, cukup 1.1 detik untuk menangkap sebuah gambar. Tersedia juga fasilitas AE/AF lock, walaupun orang awam mungkin tidak begitu tertarik dengan fitur ini. Untuk hasil gambar memang tidak perlu diragukan, dari ketajaman, saturasi, detil dan warna semua sudah sangat baik sekali.
   Kemampuannya merekam full HD 1080p pada 30fps ternyata dibatasi dengan tidak adanya memory card slot untuk penambahan memori. Sebagai perbandingan 10 menit merekam 1080p bisa menghabiskan sekitar 1.8 GB memori. Hasil rekaman video pun masih mengeluarkan suara dengan kualitas mono. Real time stabilization sangat membantu dalam mengurangi goyangan saat mengambil video. Di Indonesia Apple I Phone 4S ini dijual dari harga 6 sampai 9 jutaan tergantung kapasitas memori yang tersedia.
HASIL FOTO
hasil foto kamera iphone 4s

3. Samsung Galaxy S III

   Walaupun sudah banyak peningkatan kualitas dibanding versi S II, tapi tidak ada yang istimewa dari hasil gambar yang diberikan Galaxy S III ini. Detail, ketajaman, warna dan pencahayaan sudah lebih baik. Lensa lebih wide sekitar 0.3 mm sedikit menimbulkan distorsi. Kelebihan dari S III ini adalah kecepatannya, dimana dia hanya membutuhkan waktu hampir 0 detik untuk shutter lag nya, setara dengan kamera pada umumnya. Burst mode dapat menghasilkan gambar full res. sekitar 3.3fps. Terdapat pilihan menu Best Photo yang dapat mengambil 8 foto sekaligus dalam beberapa detik sehingga kita bisa mengurangi resiko mata yang berkedip.
    Hasil video juga tidak berbeda jauh dengan rival sekelasnya. S III dapat mengambil full res. foto ketika sedang merekam 1080p video. Suara yang dihasilkan sudah stereo dan frame rate pun sangat stabil di 30fps walaupun dalam kondisi cahaya yang kurang. Layar 4.8″ benar-benar luas. 2MP kamera depan juga memiliki kemampuan merekam video 720p. Dibandrol dengan harga sekitar Rp. 7 juta.
HASIL FOTO
hasil foto kamera Samsung Galaxy SII
4. Nokia 808 PureView   
   Apalagi yang anda harapkan dari sebuah hp berkamera 38 megapixel, autofocus, xenon flash, dan kemampuan merekam video 1080p@30fps. Benar, PureView memiliki efektif piksel sebesar 38mp dari sensor yang beresolusi 41mp. Semua yang diberikan PureView sudah sempurna. Bahkan ketika dibandingkan hasilnya dengan kamera DSLR profesional pun sudah hampir mendekati. Memang tidak bisa disamakan segala aspek dan fitur, apalagi DSLR pembandingnya adalah 5D mark III yang harganya 5 kali lipatnya. Kondisi cahaya yang minim juga akan mempengaruhi kemampuan PureView ini dibadingkan DSLR.
   Fitur lainnya adalah terdapat ND filter pada lensa CarlZeiss yang digunakan, berfungsi untuk membantu sensor ketika menerima kondisi cahaya yang terlalu terang. Mungkin kelemahan dari PureView ini adalah tidak terdapatnya fasilitas AE/AF lock seperti yang terdapat pada I Phone 4S. Selebihnya kemampuan hp ini sepertinya sudah jauh lebih unggul, apalagi harga PureView ini masih dibawah harga ponsel pesaingnya.
Perbandingan PureView dengan 5D mark III
 
5. Blackberry Torch 9850
   Tidak ada yang bisa diharapkan dari kemampuan kamera semua seri blackberry. Mengapa saya memasukannya dalam daftar ini, tidak lain karena pasar blackberry yang sangat tinggi di Indonesia. Pada dasarnya semakin tinggi OS di blackberry maka semakin cepat kemampuan prosesnya, tinggal kita melihat fitur kamera lainnya seperti ketersediaan flash, resolusi, kapasitas memori dan yang paling penting menurut saya adanya fitur autofocus. Karena besarnya resolusi tidak akan berarti bila tidak memiliki kemampuan autofocus.
   Berdasarkan kriteria di atas, maka pilihan saya jatuhkan pada Torch 9850. Mengusung resolusi 5 MP, autofokus, LED flash, geo-tagging, continuous auto-focus, image stabilization, face detection dan kemampuan merekam video 720p. Semua fitur tersebut sudah cukup baik didukung layar 3.7′ dan kemampuan baterai yang cukup lama mengingat blackberry adalah tipe smartphone yang sangat boros baterai. Walau demikian Torch 9850 ini masih belum bisa disandingkan dengan ponsel multimedia lainnya yang berbasis selain blackberry seperti Android.
 
6. Polytron W2400
   Pilihan terakhir saya adalah ponsel berkamera untuk anda yang berbudget minim. Dan pilihan  jatuh kepada Polytron W2400. Sepintas jadi inget merk tv atau sound system kan?. Tapi coba kita lihat apa yang menarik dari ponsel ini. Best budget hp berkamera, dengan harga sekitar Rp. 1.7 juta saja, anda sudah bisa mendapatkan beberapa fitur kamera yang menarik. Seperti resolusi 5 MP, kemampuan autofokus, rekaman videp 720p @30fps, layar besar 4″, OS Android Gingerbread dan produk dalam negeri.
   Menurut saya merk Polytron ini bukan pemain baru di bidang elektronik, walaupun memang masih baru untuk produksi ponsel nya tapi kita bisa beri kesempatan produk dalam negeri ini untuk bersaing. Memang belum bisa dibandingkan dengan kemampuan hp kamera lainnya seperti pada daftar ini, tapi melihat harganya yang jauh lebih murah sepertinya sangat layak buat dimiliki.
Itu tadi daftar hp kamera terbaik menurut saya. Mungkin bisa menjadi informasi bagi anda yang berencana untuk membeli hp berkamera yang bagus. Saya sendiri lebih memilih membawa kamera saku dan hp secara terpisah. Karena menurut saya sebagus-bagusnya kamera pada hp, masih lebih bagus kamera yang terpisah. Dan itu juga harus ditebus dengan sedikit lebih repot dengan harus membawa dua gadget kemana-mana, belum lagi untuk baterai charger nya. Selamat memilih.

About truestoryeka

eka true story adalah operator warnet Cyber Flash Net

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s